Advertistment

 


NEWSOBSERVASI: Indonesia mampu keluar dari tren negatif di laga kedua grup A dengan membekuk Kamboja lewat skor mencolok 6-1. Muchlis Hadi Ning mencetak hattrick, Ahmad Nufiandani, Wawan Febriyanto serta Evan Dimas masing-masing mencetak satu gol. Sementara satu-satunya gol Kamboja dicetak Prak Mony dari titik putih di menit ke-55.

Tampil agresif sejak menit pertama, Indonesia mampu unggul cepat lewat gol yang dicetak Muchlis Hadi Ning. Umpan Adam Alis dari lini tengah mampu dimaksimalkan Muchlis untuk membawa Garuda Muda unggul di menit ke-12.

Dalam keadaan memimpin, Indonesia terus menekan dan mendominasi permainan. Peluang kembali datang lewat kaki Evan Dimas di menit ke-27, sayangnya penetrasi Evan berakhir dengan terjatuh di dalam kotak penalti lawan tetapi wasit tidak memberikan hadiah penalti.

Setelah tekanan bertubi-tubi, Indonesia akhirnya mampu menggandakan keunggulan lewat kaki Ahmad Nufiandani. Dani mampu memaksimalkan umpan terobosan cantik Paulo Sitanggang dari lini tengah. Indonesia akhirnya menutup babak pertama dengan keunggulan 2-0.

10 Menit babak kedua berjalan, Kamboja berhasil memperkecil ketertinggalan berkat gol penalti Prak Mony. Wasit memberikan hadiah penalti setelah Saiful Indra Cahya melakukan pelanggaran dengan mengangkat kaki terlalu tinggi.

Usai kebobolan, Indonesia menaikkan tempo dan tekanan hingga mampu kembali mencetak gol ke gawang Kamboja di menit ke-67. Berawal dari tendangan bebas Abduh Lestaluhu, Dani di depan garis gawang berhasil mengirim bola ke jantung pertahanan Kamboja. Muchlis yang berdiri bebas di sana, akhirnya mampu menceploskan bola setelah sebelum memperdaya bek dan kiper kamboja

Terus menekan, Garuda Muda kembali mencetak gol di menit ke-73. Sepakan keras Evan Dimas dari luar kotak penalti meluncur deras ke kiri atas gawang hingga akhirnya membentur tiang. Bola memantul ke arah Muchlis Hadi Ning yang tanpa kesulitan menyundul bola ke gawang kosong.

Unggul 4-1 tak membuat tekanan Indonesia mengendur. Di menit ke-85 Indonesia kembali mencetak gol melalui Wawan yang umpan satu duanya dengan Muchlis mampu mengecoh barisan pertahanan Kamboja.

Gol ke-6 Indonesia lahir di injury time lewat kaki Evan Dimas. Kemelut depan gawang Kamboja berhasil dimanfaatkan Wawan untuk mengecoh bek serta kiper lawan untuk memberikan umpan kepada Evan Dimas. Tanpa kesulitan, Evan Dimas menceploskan bola ke gawang yang sudah kosong. Indonesia menutup laga dengan kemenangan telak 6-1.

Berkat kemenangan besar ini Indonesia naik ke peringkat ke-2 Grup A dengan 3 poin. Indonesia unggul jumlah gol dari Singapura dan Kamboja yang memiliki poin yang sama. Indonesia masih memiliki dua laga lagi untuk bisa lolos ke babak semifinal, yakni melawan Singapura dan Filipina.  (bola.net)
 
Top