Advertistment

 

Aceh Utara,NEWSOBSERVASI: Para pengungsi imigran Myanmar etnis Rohingya yang ditampung di TPI Kuala Cangkoi, Kecamatan Lapang, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh, akan direlokasi ke tempat penampungan baru sebelum Ramadhan 2015.
Kepala Bagian Humas Pemerintah Kabupaten Aceh Utara Amir Hamzah di Lhokseumawe mengatakan, lokasi baru yang akan ditempati para pengungsi berada di wilayah Kabupaten Aceh Utara.
Lokasi penampungan baru itu sedang dibenahi oleh International Organization Imigration (IOM) yang didukung oleh Pemkab Aceh Utara.
Amir mengatakan, lokasi yang akan dijadikan tempat relokasi tersebut merupakan kompleks Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Sosial Kabupaten Aceh Utara di Blang Adoe, Kecamatan Kuta Makmur.
Kegiatan penyiapan lokasi yang sedang dilakukan IOM berupa penyediaan sarana, prasaran dan fasilitas seperti sanitasi, MCK, air bersih, listrik dan pagar yang mengelilingi area penampungan.
"Direncanakan sebelum bulan Ramadhan, para pengungsi Rohingya yang saat ini berada di TPI Kuala Cangkoi, sudah dapat direlokasikan ke lokasi penampungan baru. Sekarang sedang dipacu penyiapan sarana dan prasarana pendukung," ujar Amir di Lhokseumawe, Jumat (5/6/2015), seperti dikutip Antara.
Jumlah pengungsi Rohingya saat ini sebanyak 329 jiwa yang terdiri atas balita, anak-anak, remaja, dewasa baik laki-laki maupun perempuan.
Kebutuhan hidup para pengungsi tersebut untuk sementara ditangung oleh berbagai pihak termasuk sumbangan masyarakat. (R16)
 
Top