Advertistment

 


NEWS OBSERVASI - Kiper Timnas Kolombia, Faryd Mondragon, menjadi pemain tertua yang pernah bermain dalam sejarah Piala Dunia. Mondragon memecahkan rekor tersebut pada laga Kolombia kontra Jepang, Rabu dini hari WIB, 25 Juni 2014. 

Mondragon menjadi pemain tertua yang merumput di Piala Dunia, karena usianya telah menginjak 43 tahun pada 21 Juni lalu. Dia mengalahkan rekor Roger Milla di Piala Dunia 1994, yang saat itu berusia 42 tahun satu bulan delapan hari.  

Dalam pertandingan kontra Jepang, Mondragon masuk sebagai pemain pengganti pada menit ke-85. Dia masuk menggantikan David Ospina, dan laga itu berakhir dengan kemenangan Kolombia dengan skor 4-1. 

Mondragon tidak hanya memecahkan rekor Milla, tetapi dia juga masuk sejarah Piala Dunia lainnya. Dia menjadi pemain dengan rentang waktu terlama untuk bisa tampil lagi di Piala Dunia, terakhir kali dia bermain 16 tahun lalu saat Piala Dunia 1998 di Prancis. 

Catatan ini, secara resmi sebelumnya dipegang pemain Swiss, Alfred Bickel, yang punya rentang waktu 12 tahun untuk bisa tampil lagi di Piala Dunia. Bickel pertama kali bermain saat Piala Dunia 1938, kemudian dia baru bisa tampil lagi saat Piala Dunia 1950.  

Mondragon saat ini memiliki 57 caps internasional bersama Kolombia, dan telah mengumumkan pensiun setelah Piala Dunia 2014 Brasil. Dia pernah berkarier di delapan negara, termasuk klub Turki, Galatasaray dan klub Argentina, Independiente. 
 
Top