Advertistment

 


NEWS OBSERVASI - Pelaksanaan pemilu presiden (pilpres) di Indonesia telah selesai. Hingga saat ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum mengumumkan siapa pemenangnya. Proses rekapitulasi suara, baru selesai di tingkat PPS atau Kelurahan. 

Proses rekapitulasi suara tersebut masih melalui proses panjang, hingga KPU mengumumkan, siapa pemenang pilpres 2014, pada 22 Juli mendatang. Meski belum ada pengumuman pasti, namun kedua pasangan capres-cawapres, Prabowo-Hatta dan Jokowi-JK, telah sama-sama mengklaim sebagai pemenang.

Kondisi tersebut membuat kedua kubu pendukung sempat memanas. Tak hanya di tingkat elite, tetapi hingga menjalar ke akar rumput. Pemerintah melalui Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan kedua capres berhasil meredam gejolak tersebut, sehingga potensi konflik di arus bawah bisa dihindarkan.

Ditemui di kediamannya, Solo, Calon Presiden (Capres) Joko Widodo (Jokowi) menyatakan siap bertemu dengan capres lainnya, Prabowo Subianto secepatnya. Pertemuan tersebut, kata Jokowi, penting dilakukan untuk mendinginkan suasana.

"Saya belum bertemu Pak Prabowo. Komunikasi juga belum sama sekali. Saya siap setiap saat," ujarnya, Minggu (13/7).

Sementara itu Ibunda Jokowi, Sudjiatmi Notomiharjo kepada wartawan mengatakan, kepulangan Jokowi itu dilakukan untuk menemui keluarga besarnya di Kota Solo. Hal itu dilakukan sebagai ajang silaturahmi dan ajang kumpul keluarga.

"Tadi Jokowi sudah sungkem kepada saya, saat ini dia langsung istirahat," pungkas Sudjiatmi. (Merdeka)
 
Top