Advertistment

 

OBSERAVSI | BIREUEN : 
Sesosok pria muda dengan busana gaul, Sabtu (24/8) sekira pukul 07.30 WIB, ditemukan warga tergeletak menjadi jasad, pada bineh krueng (sisi sungai-red) Teupin Mane, kawasan Dusun Barona, Desa Balee Panah, Kecamatan Juli Bireuen.

Mayat dengan perkiraan umur 25-30 tahun itu pertama ditemukan Nurasiah (28) bersama Rismani (37), dua wanita Dusun Barona yang hendak mencuci pakaian ke sungai. Lokasi mayat itu juga dengan jembatan Teupin Mane. Polisi yang turun ke lokasi kejadian memperkirakan, pemuda itu dihabisi di lokasi lain, lalu dibuang di dekat jembatan Teupin Mane. Hal itu dibuktikan dengan kondisi kaki korban yang terikat kain sprai, serta lehernya terlilit kain selendang warna merah. Juga ada luka bacok di dahi serta memar di tangan dan beberapa bagian tubuhnya.

Hingga pukul 18.00 WIB, kemarin, tak ada yang mengenal identitas jasad pemuda tersebut. Polisi menemukan selembar foto wanita cantik di dompet pemuda itu, berikut uang Rp 50.000 (lima puluh ribu rupiah). Selebihnya tak ada identitas yang bisa mengarah kepada sosok jasad misterius itu.

Nurasiah mengatakan, kala itu ia bersama Rosmani seperti biasa turun ke sungai yang berjarak sekitar 100 meter dari rumahnya, untuk mencuci pakaian. Matanya tertumbuk pada benda seperti mayat telungkup di sisi sungai. Melihat hal demikian, mereka segera memberitahukan warga dengan rasa ketakutan.

Beberapa warga kemudian memastikan itu mayat, dan mereka minta izin Kapolsek Juli untuk mengevakuasi mayat tersebut ke tebing sungai. Jasad itu terlihat masih berpakaian utuh dengan busana baju lengan panjang dan celana blue jins. Korban yang memiliki tinggi badan sekitar 160 cm itu terlihat memiliki tubuh proporsional, dengan celana dalam merek capnako.

Hingga dibawa ke kamar mayat UGD Bireuen dan dilakukan visum serta identifikasi oleh tim Polres Bireuen, belum ada yang mengenalinya.

Berbagai informasi merebak, korban bukan warga sekitar Juli, tapi di buang ke kawasan itu.

Di kantong celana korban ditemukan uang lembaran Rp 50.000 satu lembar dan satu foto cewek berwajah cantik.

Kanit Identifikasi Polres Bireuen, Briptu Azrul Aswan bersama sejumlah anggota, kini terus menghimpun berbagai keterangan dari sejumlah warga dan memeriksa barang bukti yang ditemukan dari tubuh korban.

Kapolres Bireuen, AKBP Yuri Karsono SIK melalui Kasat Reskrim AKP Jatmiko, kemarin mangatakan, pihaknya kini terus mengumpulkan berbagai informasi dari saksi mata dan mengembangkan informasi tambahan menyangkut temuan mayat tersebut yang sepertinya korban pembunuhan. “Korban sepertinya dianiaya atau dibunuh di tempat lain kemudian dibuang ke kawasan itu,” kata AKP Jatmiko. 

Diperkirakan mayat tersebut dibuang sekitar pukul 02.00 WIB, Sabtu dinihari. “Kami mengharapkan partisipasi masyarakat bila ada yang mengenalnya segera sampaikan ke petugas. Kemudian bila melihat ada hal yang mencurigakan segera beritahu petugas untuk memudahkan pengusutan kasus pembunuhan tersebut,” katanya.
 
Sumber: Prohaba
 
Top