Advertistment

 

ACeh Besar, NEWS OBSERVASI - Pengurus Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Kota Tasikmalaya, Jawa Barat mengunjungi Workshop Sentra Industri Kecil di Kecamatan Kuta Malaka, Aceh Besar, Rabu (6/11/2013) sore. Hadir dalam kesempatan tersebut, Wabup Aceh Besar Drs H Syamsulrizal MKes, Ketua Dekranas Kabupaten Aceh Besar Lissiani Mukhlis Basyah, Wakil Ketua Dekranas Aceh Besar Hj Nazriati Syamsulrizal, Kadisperindag Provinsi Aceh Safwan, Muspika Kuta Malaka, pengurus Dekranas Aceh Besar, dan puluhan pengrajin di Aceh Besar.

Dalam sambutannya, Wabup Aceh Besar Syamsulrizal menjelaskan, sektor industri kecil dan kerajinan di Aceh Besar sudah berkembang sejak lama. Untuk mempertahankan eksistensinya, perlu dilakukan pembinaan yang berkelanjutan dengan melakukan berbagai langkah dan terobosan baru, sehingga dapat menghasilkan produksi dengan inovasi tinggi yang diminati oleh konsumen. “Selama ini, kerajinan industri kecil banyak menunjang pertumbuhan ekonomi di Aceh Besar,” katanya.

      Hingga kini, tambah Syamsulrizal, jumlah usaha bordir mencapai 217 unit usaha dan melibatkan 1.239 orang tenaga kerja. Workshop sentral industri kecil Kuta Malaka membina kelompok industri kecil pada empat kecamatan, masing-masing Montasik, Suka Makmur, Kuta Malaka, serta Indrapuri.

      Produk yang dihasilkan meliputi berbagai macam jenis tak dan pernik-pernik lainnya dengan jumlah produksi sekitar 3.200 tas per bulan dan dipasarkan di berbagai kabupaten dalam Provinsi Aceh. Pada even nasional seperti Pekan Raya Jakarta, Inacraf, Pameran Produk Unggulan Daerah (PPUD), Grafina, dan pada kegiatan HUT Dekranas.

      Kadiskop UKM dan Deperindag Kota Tasikmalaya,Tantan Rustandi mengaku kagum atas keuletan dan kegigihan para perajin di Aceh Besar. Diharapkan, usaha tersebut dapat terus berkembang sehingga dapat meningkat perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Pihaknya juga sangat berterima kasih atas kesediaan Pemkab Aceh Besar yang menerima kunjungan rombongan Dekranas dari Kota Tasikmalaya. “Kami juga sangat terbuka menerima kunjungan Pemkab Aceh Besar dan pengurus Dekranas Aceh Besar bila ingin melihat keberhasilan kami selama membina perajin di Kota Tasikmalaya,” ungkapnya.(Win)


 
Top