Advertistment

 

NEWS OBSERVASI - Ir. Mawardy Nurdin, M.Eng, Sc, lahir di Sigli, 30 Mei 1954, ia menjabat sebagai Walikota Banda Aceh sejak tahun 2007, namun saat itu dia dipercaya sebagai pejabat sementara. 
Pada Pilkada Pilkada 2012 lalu ia kembali terpilih sebagai walikota Banda Aceh bersama wakilnya Illiza Sa’aduddin Djamal. Mawardy juga sempat menjabat sebagai Pj Walikota Banda Aceh selama 2005-2006 pasca tsunami.
Di bawah kepemimpinannya, Kota Banda Aceh telah meraih tiga kali piala Adipura 2009, 2010, 2012, dan dipilih oleh PBB sebagai ‘model city’ untuk disaster risk reduction.
Pria jebolan jurusan teknik itu juga sedang menjabat sebagai Ketua Dewan Pengurus Daerah Partai Demokrat Aceh. Ia adalah salah satu contoh pemimpin yang sangat menjunjung tinggi nilai kedisiplinan, dikenal orang sangat tepat waktu dan disayangi sekaligus disegani oleh kolega maupun staffnya karena karakter dan prestasi kerjanya. Mawardy juga pernah menerima penghargaan “Inspirational Alumni Award” dari Australian Alumni Award.
Seorang teknokrat lulusan Institut Teknologi Bandung tahun 1978 itu juga pernah menjabat sebagai Kepala Bapedalda Aceh pada tahun 2001 hingga 2003, kemudian dipindahkan menjadi Kepala Dinas Perkotaan dan Permukiman NAD dari tahun 2003-sampai 2005/
Di pentas nasional, Mawardy Nasional pernah menjabat sebagai Exco Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia. Namun pada Juni 2013 lalu, ia diberhentikan dari jabatan tersebut karena dinilai melanggar ketentuan PSSI
Pada tahun 2012, kesehatan Mawardy mulai menurut dan terus menjalani perawatan intensif akibat menderita komplikasi penyakit jantung dan cangkok ginjal, sejak saat itu ia mulai jarang muncul. bahkan saat kampanye pada pilkada 2012 lalu, ia jarang tampil.
Hingga ia terpilih sebagai walikota, ia sering diwakili wakilnya Illiza Saaduddin Djamal dalam berbagai kegiatan.
Ia wafat pada pada Sabt 8 Februari 2014 di Rumah Sakit Zainal Abidin, Banda Aceh pada pukul 19.30 Wib. Mawardi mengala gagal ginjal.
Mawardy meninggalkan seorang istri ,Nurshanti Adnan, dan empat orang anak: Riza Adrial Sandy , Almer Hafis Sandy, Kevin Ramadhan Sandy, , dan Salsabila Charissa Media.
 
Top