Advertistment

 


NEWS OBSERVASI - Gelandang Atletico Madrid, Koke, mencetak gol yang menentukan kemenangan timnya 1-0 atas Barcelona pada leg kedua perempat final Liga Champions di Vicente Calderon, Rabu (9/4/2014). Dengan hasil itu, Atletico masuk semifinal karena pada leg pertama bermain imbang 1-1. 

Gol Koke tercipta pada menit kelima. Dengan tendangan kaki kiri, Koke menembakkan bola kiriman Adrian dari tengah kotak penalti ke tengah gawang Jose Manuel Pinto.

Secara umum, Barcelona mendominasi pertandingan, tetapi kesulitan menembus benteng Atletico. Meski begitu, mereka mampu menciptakan sejumlah peluang yang gagal membuahkan gol akibat aksi Thibaut Courtois.

Pada menit ke-12 dan ke-27, misalnya, Cesc Fabregas dan Andres Iniesta melepaskan tembakan akurat dari luar kotak penalti. Namun, Courtois mampu mengantisipasinya.

Lionel Messi juga dua kali melepaskan tembakan dari tengah kotak penalti. Namun, semuanya membuahkan tendangan gawang.

Di sisi lain, Atletico selalu berusaha mengalirkan serangan setiap berhasil merebut bola. Namun, usaha mereka sering "digagalkan" mistar gawang. Sebelum gol Koke, misalnya, Atletico mendapatkan peluang dari Adrian. Adrian melepaskan tembakan dari tengah kotak penalti yang membentur tiang kiri gawang Barcelona.

David Villa juga melihat usahanya pada menit ke-11 dan ke-19 membentur tiang kanan dan  mistar gawang tim tamu. 

Pada babak kedua, Barcelona menguasai bola, tetapi kesulitan mengalirkan serangan karena Atletico melakukan pressing dan tetap punya visi menyerang dengan agresif. 

Kedua kubu pun beberapa kali bertukar ancaman. Namun, usaha kedua kubu gagal membuahkan gol. Pada menit ke-49 dan ke-78, misalnya, Xavi dan Neymar melepaskan tembakan dari tengah kotak penalti. Tembakan Xavi diantisipasi Courtois, sedangkan tembakan Neymar meleset. 

Di sisi lain, Atletico menciptakan peluang melalui Diego Godin dan Raul Garcia pada menit ke-72. Namun, tembakan Godin diantisipasi Pinto dan tembakan Garcia terblok.

Sepanjang pertandingan, menurut catatan UEFA, Atletico melepaskan sembilan tembakan akurat dari 14 usaha dengan penguasaan bola 36 persen. Adapun Barcelona melepaskan lima tembakan akurat dari sebelas percobaan.

Atletico Madrid: 13-Thibaut Courtois; 2-Diego Godín, 3-Filipe Luis, 20-Francisco Juanfran, 23-Miranda; 5-Tiago, 6-Koke, 8-Raúl García, 14-Gabi; 7-Adrián (26-Diego 62), 9-David Villa (11-Cristian Rodriguez 79)

Pelatih: Diego Simeone

Barcelona: 13-José Manuel Pinto; 14-Javier Mascherano, 15-Marc Bartra, 18-Jordi Alba, 22-Dani Alves; 4-Cesc Fábregas (9-Alexis Sánchez 61), 6-Xavi, 16-Sergio Busquets; 8-Andrés Iniesta (7-Pedro 72), 10-Lionel Messi, 11-Neymar

Pelatih: Gerardo "Tata" Martino. (Kompas)

Wasit: Howard Webb (Inggris)
 
Top