Advertistment

 

NEWS OBSERVASI : Dua hari lalu, media sosial terpopuler Facebook terkena gangguan sistem (down) untuk kali kedua pada tahun ini. Tak hanya para pengguna yang merasakan rugi, Facebook harus merelakan sekitar US$20.000 dolar atau setara Rp235 juta per menitnya.

 Guna mengetahui kerugian yang dialami media sosial hasil buatan Mark Zuckerberg ini bisa dilihat berdasarkan laporan laba kuartal kedua mengenai pendapatan mereka. Dalam laporan tersebut terlihat, Facebook meraih pemasukan US$2,68 miliar, yakni hampir Rp31,5 triliun. Berdasarkan laman Venture Beat, Minggu 3 Agustus 2014, laba tersebut yaitu US$2,68 miliar dibagi dengan 3 (bulan), lalu dibagi 30 (hari), setelah itu dibagi lagi 24 (jam), kemudian dibagi 60 (menit). Hasilnya, sekitar US$20.700. 

Hasil tersebut merupakan jumlah kerugian yang dirasakan Facebook ketika harus kehilangan pendapatan iklan per menitnya. Bila secara totalnya, Facebook down pada Jumat malam yaitu sekitar 35 menit, maka bisa dikalikan dengan 20.700 menjadi US$724.500 atau Rp8,5 miliar. Dengan kata lain, Facebook down selama 32 menit, maka ia harus merelakan pendapata iklan yang terbuang sekitar Rp8,5 miliar. 

Diketahui, down tersebut dikarenakan adanya permasalahan pada semua API dan web surface dan para teknisi Facebook telah menyelesaikan dan mereka mengaku permasalahan serupa takkan terjadi lagi. 

 sumber : viva
 
Top