Advertistment

 

Aceh merupakan daerah istimewa yang memiliki banyak sejarah serta sistem kepemimpinan yang baik berupa konsep-konsep dasar yang  digunakan berdasarkan alquran dan hadist. Kinerja yang selalu dipatok dengan memiliki wawasan luas serta berkeyakinan untuk memimpin dengan sebai-baiknya hingga terciptanya visi dan misi yang berkepentingan untuk orang banyak yaitu untuk masyarakat luas, tidak terlepas dari itu seakan segala sesuatu bisa dengan mudah diselesaikan dengan bijak jika benar-benar menggunakan konsep islam yang hakiki.

Berbicara mengenai kepemimpinan, ada banyak hal yang timbul baik berupa persepsi serta keyakinan tersendiri, bahwa tidak seorangpun pemimpin diera sekarang ini yang benar-benar menggunakan konsep islam secara hakiki. Tidak terlalu jauh kita membandingkannya sehingga terlalu banyak  menuai kontroversi, cobalah untuk melihat dan menilai diri kita sendiri dalam memimpin, karena kepemimpinan yang baik dimulai dari diri kita sendiri, seiring  berjalannya masa, konsep kepemimpinan pribadi kita sendiri pun berubah secara drastis, baik berupa memimpin  hati, lidah dan fikiran kita.

Banyak sekali konsep-konsep yang datang dalam hidup kita mengatasnamakan kebaikan untuk dimasa yang akan datang, hal tersebut bisa berupa perjuangan melaui dunia pendidikan yang mampu merosot akidah  serta akhlak moral kita, dikarenakan kita jauh dengan penguasa alam semesta, jauh dari panji-panji pelingdung sang Tuhan.

Dalam al-Qur’an telah dijelaskan mengenai kriteria pemimpin yang baik. Allah SWT berfirman, “Kami telah menjadikan mereka itu sebagai pemimpin-pemimpin yang memberi petunjuk dengan perintah Kami, dan telah Kami wahyukan kepada mereka untuk senantiasa mengerjakan kebajikan, mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan hanya kepada Kamilah mereka selalu mengabdi,” (QS. Al-Anbiya': 73).

Jelas dalam alquran terdapat berbagai konsep kepemimpinan yang baik, oleh karena itu seraya berdoa pada yang Maha Tinggi, semoga kembali lahir pemimpin yang benar-benar menggunakan konsep islam yang hakiki, bukan pemimpin yang hanya mementingkan golongan sendiri.

Tulisan kepemimpinan. Kunjungi  NEWS OBSERVASI

Oleh :Usmandani
Author: newsobservasi.ga

 
Top