Advertistment

 

NEWSOBSERVASI: Ada yang baru dari logo "Friends" yang tertera di media sosial Facebook saat ini. Jika diperhatikan secara saksama, logo yang berfungsi sebagai notifikasi penambah teman di setiap akun itu mengalami perubahan. Sebelumnya, logo bergambar siluet pria berada di depan logo bergambar siluet wanita. Namun, logo wanita kini tampak bersanding sejajar dengan logo pria.
Perubahan logo ini merupakan salah satu wujud dari aksi gerakan perubahan yang dikomandani manajer desain baru Facebook, Caitlin Winner. Winner mengatakan bahwa sejak bergabung dengan Facebook, ia menyadari bahwa seolah ada sejenis pengganjal pada bahu logo wanita, yang membuatnya terlihat kurang simetris. 

Lewat blog pribadinya, Winner menulis, "Saya kira tak ada hubungan dengan niat buruk sebelum ini, hanya kurang pertimbangan saja. Namun sebagai seorang wanita dengan dua bahu yang kuat, ganjalan ini cukup menyinggung perasaan saya."

Oleh karena itu Winner berupaya memberikan perubahan segar pada logo Facebook terbaru. Tak hanya menyempurnakan bentuk bahu pada logo dan membuat posisi logo wanita jadi seimbang, Winner juga memberikan tampilan rambut lebih stylish pada logo Groups di Facebook. Kemudian, letak logo wanita yang tadinya berada di sebelah kiri dan belakang logo dua pria kini dipindahkan ke sisi depan, dengan logo dua pria di belakangnya.
"Pada logo sebelumnya, wanita berada di belakang pria. Ia harusnya tak berada dalam posisi seperti itu," tulis Winner. Mungkin logo Facebook dengan ukuran kecil ini sering kali luput dari para pengguna Facebook. Namun, bagi Winner, tampaknya kesetaraan jender dapat diterapkan, bahkan hanya lewat sebuah logo simbolis. "Saya mengubah tiga logo siluet yang sudah identik dengan Facebook, dan benar sekali, saya menempatkan wanita di urutan pertama," terangnya.(kompas)
 
Top