Advertistment

 



Sigli_OBSERVASI:  Dinas Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Kabupaten Pidie, menyelenggarakan pelatihan menejemen pemerintah gampong bagi 30 keuchik (kepala desa) yang ada di Kabupaten Pidie. Acara tersebut digelar di Wisma Safira, Gampong Blang Paseh, Kecamatan Kota Sigli, Pidie. Pelatihan yang mengambil tema: Dengan Pelatihan Menejemen Pemerintah Gampong, Kita Tingkatkan Kinerja Aparatur Pemerintah Gampong, ini rencananya digelar selama 3 hari, dari 19 Agustus hingga 21 Agustus 2013.

Kepala Dinas BPM, Zulfikar Yacob, kepada The Globe Journal, mengatakan pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan keuchik (kepala desa) agar memahami tugas pokok dan fungsinya. Dan seluruh peserta, lanjut dia, akan dikarantina selama 3 hari.

“Pelatihan ini untuk meningkatkan kemampuan keuchik, supaya memahami tugas pokok dan fungsi mereka. Dan diharapkan mereka nantinya bisa memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. Mereka akan tinggal di wisma ini selama tiga hari penuh,” kata dia, Senin (19/8/2013).
Sumber dana dari pelatihan ini, kata Zulfikar, berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Kabupaten (APBK) Pidie 2013.

“Kami mengundang beberapa tutor dari dinas provinsi untuk memberikan materi kepada para peserta. Dana yang digunakan untuk pelatihan ini berasal dari APBK Pidie 2013,” ujar Zulfikar.
Berikut adalah nama-nama keuchik gampong yang mengikuti Pelatihan Menejemen Pemerintah Gampong yang digelar oleh BPM Pidie:
Kecamatan Padang Tijie:

1)      Jok Tanjong
2)      Paloh Jeurat
3)      Capa Paloh
4)      Cot Peudaya
5)      Seuligieng Brabo
6)      Siron Tanjong
7)      Meuriya Tanjong
8)      Beuni Reulieng Peudaya
9)      Sukon Peudaya
10)   Buloh Gogo
11)   Tuha Gogo
12)   Mesjid Gogo
13)   Jureung Gampong Cot paloh
14)   Paya Gogo
15)   Blang Gunci Kunyet
16)   Kambuek Payapi Kunyet
17)   Khang Tanjong
18)   Tunong Tanjong
Kecamatan Mane
19)   Mane
20)   Blang Dalam
Kecamatan Geulumpang Baroe
21)   Ukee
22)   Bungong
23)   Guenteng
24)   U Bungkok
25)   Jurong Baroe
26)   Sukon Paku
27)   Sangget
28)   Bale Gantung
29)   Daboih
30)   Pulo Panjoe    

(TGJ)
 
Top