Advertistment

 

BANDA ACEH_OBSERVASI : Wakil Gubernur (Wagub) Aceh, Muzakir Manaf, Senin (19/8) malam, melepas kafilah Aceh yang akan mengikuti Seleksi Tilawatil Quran Nasional (STQN) Ke-22 di Provinsi Bangka Belitung, 22-30 Agustus 2013. Acara tersebut berlangsung di Restoran Pendopo Gubernur Aceh. Kafilah Aceh yang akan berangkat melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Blangbintang, Aceh Besar, Selasa (21/8) siang itu berjumlah 35 orang. Mereka terdiri atas 16 qari dan qariah serta 19 pelatih dan ofisial. 

Selain anggota kafilah dan ofisial, acara pelepasan yang diawali dengan makan malam tersebut juga dihadiri unsur Forkompimda Aceh, anggota DPRA, para Kepala SKPA terkait, pengurus LPTQ Aceh, Imam Besar Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Wagub dalam sambutannya antara lain mengatakan, kendati pada STQ atau MTQ sebelumnya Aceh belum bisa meraih prestasi maksimal, tapi hal itu diharapkan tak mengendurkan semangat kafilah Aceh yang akan tampil pada STQN di Bangka Belitung tahun ini. “Tapi, mari kita jadikan kegagalan masa lalu sebagai pendorong agar kita bisa meraih prestasi terbaik di STQN kali ini,” ujarnya.

Wagub juga berpesan kepada anggota kafilah Aceh yang akan berangkat ke STQN 2013 untuk selalu menjaga kesehatan dengan cara menjaga pola makan dan istirahat. “Kami juga berharap semua anggota kafilah Aceh agar memanfaatkan waktu luang untuk terus berlatih di cabang masing-masing. Sehingga nanti bisa tampil maksimal saat STQN berlangsung,” harap Muzakir Manaf. 

Kepada semua anggota kafilah yang membawa nama daerah, Wagub juga berharap untuk menjaga sikap dan perbuatan dalam berinteraksi dengan sesama peserta dan masyarakat di lokasi STQN. Sehingga masyarakat di sana dapat mengenal budaya dan sifat baik masyarakat Aceh sebenarnya. “Akhirnya, kita doakan agar kafilah Aceh bisa mencapai prestasi terbaik di STQN tahun ini,” harapnya.

Untuk diketahui, STQN Ke-22 di Bangka Belitung yang diikuti utusan dari 33 provinsi di Indonesia menurut rencana akan dibuka Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada Jumat (23/8) malam. Sedangkan penutupan dijadwalkan dilakukan Menteri Agama, Suryadarma Ali pada Kamis (29/8) mendatang.

Sebelumnya, Koordinator Kafilah Aceh Ke STQN di Bangka Belitung, H T Said Mustafa dalam laporannya antara lain, menjelaskan, sebelum acara pembukaan, kafilah Aceh akan mengikuti pawai ta’aruf STQN pada Jumat (23/8) sore. “Untuk mengikuti pawai ta’aruf tersebut, kita dengan mendapat bantuan masyarakat Aceh di Bangka Belitung sudah menyiapkan satu mobil hias,” ujar Said Mustafa yang juga Asisten II Sekda Aceh.

Dalam STQN nanti, menurutnya, kafilah Aceh akan mengikuti seluruh cabang yang diperlombakan. Cabang itu, sebut Said Mustafa, yaitu tilawatil Quran kelompok anak-anak dan dewasa putra putri, tahfiz Quran golongan, 1, 5, 10, 20, dan 30 juz putra putri, dan tafsir bahasa Arab putra putri. “Kami berharap doa dan dukungan seluruh masyarakat Aceh agar kafilah kita bisa meraih hasil terbaik pada STQN tahun ini,” harap Said Mustafa. (Serambi)
 
Top