Advertistment

 

Aceh Utara, NEWS OBSERVASI - Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Aceh utara dalam dua hari ini mengakibatkan banjir melanda permukiman warga di Gampong Cempeudak, Kecamatan Kutamakmur, Minggu Malam (24/11) sekira pukul 22.00 WIB. 

Banjir dengan ketinggian sekitar 80 cm itu menggenangi beberapa permukiman warga yang langsung berbatasan dengan sungai di kawasan tersebut. Berdasarkan pantauan wartawan di lokasi banjir yang cukup tinggi terjadi di kawasan Dusun Sp. Mawak dan Lung ara. 

Lokasi ini memang berbatasan dengan Sungai, yang permukaannya meluap akibat hujan deras sejak siang tadi. Puluhan rumah warga terendam air hingga memasuki bagian dalam rumah pada ketinggian hingga satu meter. Beberapa ruas jalur setapak yang menghubungkan antar-permukiman warga di sana tak dapat dilalui kendaraan bermotor lantaran terputus akibat genangan air. 

Geuchik Gampong Cempeudak, Nurdin Ar mengatakan  luapan sungai terjadi lantaran kawasan tersebut memang berada pada dataran rendah. Apalagi permukiman warga setempat, lanjutnya, langsung berbatasan dengan pinggiran sungai. 

"Memang di sini dataran rendah dan dekat dengan sungai," kata Nurdin saat dijumpai lokasi.
Nurdin mengatakan, terdapat 80 kepala keluarga (KK) dengan jumlah 300 jiwa yang terkena dampak banjir tersebut.  (Ody)
 
Top