Advertistment

 

Pidie, NEWS OBSERVASI -  Kembali Nanggroe Aceh ditimpa musibah yaitu dengan berpulangnya kerahmatullah Abon Teupin Raya yang bernama lengkap Muchtar bin Abdul Wahab, Sabtu (23/11/13) pukul 01.30 WIB di Rumah Sakit Fakinah Banda Aceh.
 
Beliau merupakan alumni Dayah MUDI Mesra Samalanga dan salah seorang murid dari Abon Abdul Aziz dan juga guru kelas dari almarhum Abu Panton (Tgk. H. Ibrahim Bardan).
 
Abon menghadap sang khalik dini hari tadi di Rumah Sakit Tgk. Fakinah Banda Aceh setelah mengalami masalah pada organ ginjal dalam beberapa bulan terakhir. Beliau akan dikebumikan di Dayah Darussalamah Teupin Raya Aceh Pidie.
 
Dalam masa hidupnya Abon tidak pernah lepas dari kehidupan dayah, Selesai menuntut ilmu di Dayah MUDI, Abon sempat mengajar juga di Dayah BUDI Lamno yang dipimpin oleh Abu Ibrahim bin Ishaq atau yang lebih dikenal sebagai Abu Lamno. Selain itu Abon juga sempat menduduki beberapa jabatan dalam pemerintahan selama hidupnya.
 
Seluruh masyarakat Aceh berduka kembali dan merasa kehilangan dengan meninggal beliau, padahal belum genap satu tahun Abu Panton juga diambil kembali oleh Allah SWT.
 

Ada apa dengan Aceh? Bagaimanakah keadaan hukum Allah dibumi Aceh? Kebanyakan masyarakat Aceh mempertanyakan dua hal ini, apalagi saat melihat fenomena Aceh sekarang, namun semuanya kita serahkan kepada sang Khaliq, Allah SWT. (jnd)
 
Top