Advertistment

 

Aceh Besar, NEWS OBSERVASI - Wakil Bupati Aceh Besar Drs H Syamsulrizal MKes membuka bimbingan manajemen usaha bagi perempuan dalam mengelola usaha melalui pelatihan pemberdayaan perempuan gampong di Hotel Permata Hati, Kecamatan Ingin Jaya. Hadir dalam kesempatan itu, Kepala Badan Kesejahteraan Sosial Pemberdayaan Perepuan dan Perlindungan Anak (BKS PP PA) Aceh, Hj Dahlia MAg, Kepala BKS PP PA Aceh Besar Drs Affandi, anggota DPRK Aceh Besar Munajjin ST MT, Wakil Tim Penggerak PKK Aceh Besar Hj Nazriati Syamsulrizal, dan tokoh-tokoh perempuan Aceh Besar.
                Wabup Aceh Besar Syamsulrizal menyatakan, kegiatan pelatihan tersebut sangat bermanfaat, khususnya bagi kaum perempuan beserta kelompok usahanya guna meningkatkan peran serta kaum perempuan dan kreatifitasnya dalam melangsungkan aktivitas usaha. Secara statistik jumlah penduduk perempuan di Aceh Besar hampir sebanding dengan jumlah penduduk laki-laki. Kondisi itu menunjukkan besarnya potensi perempuan yang seharusnya mampu diberdayakan agar dapat memberikan kontribusi positif dalam pembangunan. Disadari bahwa perspektif pemberdayaan perempuan harus dipandang pada sisi optimalisasi peran yang bisa dilakukan. “Perempuan memiliki potensi yang besar untuk berperan pada sisi sosial, ekonomi, politik, pendidikan, dan bidang-bidang lain. Peran ini dilakukan tentunya tidak mengeyampingkan peran utama perempuan dalam mengelola keluarganya,” kata Syamsulrizal.
                Dikatakannya, kegiatan bimbingan manajemen usaha bagi perempuan di Aceh Besar itu sangat penting dan diperlukan, khususnya bagi kelompok usaha perempuan yang ada. Untuk itu, bantuan dari dana Otsus Pemerintah Aceh ini melalui BKS PP PA Aceh bekerjasama dengan BKS PP PA Aceh Besar patutu disyukuri, karena telah membantu meningkatkan ekonomi produktif kelompok usaha perempuan gampong yang tersebar di seluruh kecamatan di Aceh Besar.
                Kepala BKS PP PA Aceh Besar, Affandi menjelaskan, kegiatan tersebut diikuti 135 peserta dari berbagai kecamatan di Aceh Besar. Kepada para peserta nantinya diharapkan mampu dan memiliki komitmen yang tinggi untuk mengembangkan usahanya, sehingga untuk masa mendatang dapat diterapkan dan direalisasikan dalam pelaksanaannya.(Win)
 
Top