Advertistment

 

NEWS OBSERVASI - Indikasi adanya kecurangan tercium dalam pelaksanaan hari pertama Ujian Nasional (UN) tingkat SMA/SMK sederajat yang digelar Senin (14/4/2014).
Berdasarkan informasi yang diperoleh Wartawan, beredar kunci jawaban UN yang diyakini oleh peserta UN klop dengan jenis paket soal UN. Kunci jawaban yang beredar, sejauh yang terpantauWartawan, adalah untuk soal Bahasa Indonesia dan Biologi. Untuk diketahui, paket soal UN bervariasi, dan ada sebanyak 20 jenis.
UN hari pertama kemarin mengujikan mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Biologi (untuk Program IPA), Bahasa Indonesia dan Geografi (untuk Program IPS), serta Bahasa Indonesia dan Sastra Indonesia (untuk Program Bahasa).
Kunci jawaban itu beredar dalam bentuk lembaran kertas dan file gambar via handphone (HP). Bisa beredar via HP, karena ada sekolah yang cukup longgar pengawasannya, yakni HP yang dibawa masuk kelas oleh peserta UN ternyata tidak disita atau dikumpulkan di suatu tempat.
"Saya dapat kunci jawaban mulai tadi pagi (kemarin pagi) sebelum UN dimulai," kata sumber wartawan, seorang siswa di sebuah SMA negeri favorit di Bali, Senin (14/4/2014) usai mengikuti UN. Dia mendapatkan kunci jawaban ini dari temannya sesama kelas tiga.
Awalnya, dia ragu menggunakan kunci jawaban itu. Namun setelah dilihat dan dicocokkan, dia menjadi yakin bahwa kunci jawaban itu benar adanya.
"Akhirnya saya pakai kunci jawaban itu, semua jawabannya saya pakai. Teman-teman yang lain juga memakainya," jelasnya.
Siswa ini kemudian menjelaskan secara detail bagaimana sampai dia meyakini kunci jawaban yang beredar. Di kunci jawaban tercantum kode-kode untuk setiap paket soal. Disebutkan, ada kode (G.01), yang berarti kunci jawaban untuk paket soal 1. Kunci jawaban yang beredar adalah lengkap untuk 20 jenis paket soal UN, yakni kode (G.01) hingga (G.20). Kode (G.20) berarti paket soal 20.
Untuk memastikan kecocokan kunci jawaban dengan jenis paket soal, di masing-masing dari 20 macam kunci jawaban (baik berupa lembaran kertas maupun file gambar di HP) dicuplikkan kutipan soal.
Misalnya, untuk kunci jawaban dengan kode (G.01) tercantum cuplikan kalimat dalam soal nomor 1 yang berbunyi “pengembangan tanaman pangan” dan soal nomor 2 “diantara eubacteria”.
Kemudian, untuk kunci jawaban dengan kode (G.02) terdapat cuplikan kalimat dalam soal nomor 1 “dampak negatif radiasi kebocoran” dan soal nomor 2 “bakteri laktubasilus casel dapat”.
Peserta UN tinggal melihat, apakah di lembaran soal UN yang dikerjakannya ada cuplikan soal yang cocok dengan yang tercantum di kunci jawaban.
"Cuplikan kalimat soal di kunci jawaban ternyata sama dengan kalimat yang ada di soal yang asli. Dari situ saya yakin bahwa kunci jawaban yang saya pegang tidak bohong," kata sumber itu.
Selain itu, ia menilai, jawaban-jawaban yang tertera di kunci jawaban yang beredar juga masuk akal.
"Misal, untuk satu soal tertentu, menurut saya yang paling benar adalah jawaban A, ternyata di kunci jawaban juga A," terangnya.
Bawa HP
Apakah tidak dicurigai guru pengawas saat melihat kunci jawaban, termasuk via ponsel?

"Tadi sudah tahu kalau ada juga yang masih bawa HP ke kelas, tapi juga tidak apa-apa," kata siswa itu.
Bahkan saat siswa di kelasnya agak gaduh karena adanya kunci jawaban itu, menurut dia, guru pengawas hanya berujar "tidak ribut ya”tanpa si pengawas itu bergerak menertibkan kemungkinan adanya contekan atau kecurangan.
Sementara itu, pantauan Wartawan di Denpasar juga menunjukkan bahwa kelonggaran membawa HP juga terjadi di sebuah sekolah. Sekitar pukul 12.25 Wita, seorang siswa terlihat keluar dari ruang ujian, dan bersiap hendak pulang.
"Ya, sudah mau habis waktunya. Teman-teman juga sebentar lagi akan selesai," ujar siswa itu kepada wartawan.
Saat ditanya apakah kawan-kawannya dalam satu kelas saling bekerja sama, ia hanya tertawa lalu berkata, "Begitulah pokoknya. Ya.. seperti biasa yang terjadi di ujian-ujian yang lain selama ini."
Siswa lainnya yang tidak mau disebut namanya mengaku, para pengawas tidak ada yang memberikan kunci jawaban, hanya saja mereka tidak begitu ketat saat mengawasi.
"Sebenarnya meskipun menggunakan sistem barcode, itu tidak menjadi masalah bagi kami. Walaupun jenis soalnya ada 20, sesungguhnya sama saja antara satu soal dengan yang lain. Bedanya sedikit-sedikit saja. Jadi, kami bisa bekerja sama dengan peserta di kelas lain. Kami saling menyebar jawaban dan menerima saja semua yang dikirimkan kawan-kawan. Nah, setelah kami memiliki beberapa jenis kunci jawaban, tinggal mencocokkan saja mana yang kira-kira sesuai dengan soal kita," jelasnya.
"Tapi perlu diingat, kami tidak memakai kunci jawaban itu mentah-mentah. Saya kerjakan dulu soalnya, kunci jawaban itu hanya untuk mencocokkan saja. Siapa tahu ada soal yang saya tidak tahu atau kurang teliti jawabnya. Sebenarnya sih tidak boleh bawa HP, tapi ya bagaimana lagi," ucapnya. (tribunnews)
 
Top