Advertistment

 


NEWS OBSERVASI : Legenda sepak bola Spanyol, Raul Gonzalez, mendukung Jerman menjadi juara Piala Dunia 2014. Mantan pangeran Real Madrid ini mengatakan bahwa Die Mannschaft akan mengalahkan Argentina dalam duel yang berlangsung di Maracana, Rio de Janeiro, Minggu (13/7/2014) atau Senin (14/7) dini hari WIB, sekaligus mengakhiri tradisi Eropa tak bisa juara di benua Amerika.

Jerman meraih tiket ke final dengan hasil yang sangat meyakinkan. Der Panzer menggilas tuan rumah, Brasil, dengan skor mencolok 7-1. Sementara itu, Argentina melaju ke partai puncak setelah menang 4-2 atas Belanda melalui drama adu penalti, setelah mereka bermain 0-0 selama 120 menit.

Raul mengakui, kualitas tim Jerman sangat merata sehingga mereka bisa bermain kolektif. Sebaliknya, Argentina hanya tertumpu kepada bintang Barcelona, Lionel Messi. Inilah yang mendasari Raul untuk menjagokan juara dunia tiga kali tersebut.

"Secara normal, tak ada favorit yang pasti di final Piala Dunia," ujar pemain berusia 37 tahun itu dalam kolomnya untuk Times of India. "Tradisi ini sudah pecah di Brasil. Jerman merupakan tim yang sudah memperlihatkan kekuatannya di semifinal saat menyingkirkan tuan rumah. Mereka sudah lama menunggu ini dan tampaknya dalam persiapan yang sangat bagus.'

"Tiga kali juara dunia ini tak tergantung kepada individu. Setiap pemain di lapangan tengah mereka bisa mencetak gol. Pertahanan mereka pun ketat dan hanya kebobolan empat gol dalam enam pertandingan. (Manuel) Neuer menjadi inspirasi di bawah mistar gawang."

Raul, yang bermain di tiga Piala Dunia bersama Spanyol antara 1999 dan 2006, juga mengkritik Argentina karena hanya tergantung kepada Messi. Dia mengatakan bahwa para pemain lain harus bisa meningkatkan permainan jika mereka ingin mengangkat trofi.

"Argentina jelas sekali hanya tergantung kepada Messi. Setelah empat kali man of the match, dia melemah dalam dua pertandingan terakhir. Laga knock-out pasti lebih keras dan dia tidak menikmati kebebasan yang dia raih di penyisihan grup," tambah Raul.

"Tak ada keraguan bahwa Argentina sangat berharap Messi dalam kondisi terbaik. Mereka khawatir terhadap (Sergio) Aguero yang belum sepenuhnya fit dan (Gonzalo) Higuain belum sesuai harapan."

"Penampilan (Javier) Mascherano juga akan krusial. Tak diragukan lagi bahwa dia pemain terbaik di semifinal dan karena dialah, Argentina mampu membendung serangan Belanda."
 
Top