Advertistment

 

Pidie,NEWS OBSERVASI : Portal resmi pendaftaran CPNS https://panselnas.menpan.go.id diakses hampir lima juta pengunjung setiap harinya. Hal ini membuktikan tingginya antusias masyarakat Indonesia untuk mengikuti tes seleksi pegawai negeri sipil tahun 2014. Berhubung situs tersebut baru efektif pada 24 Agustus, pemerintah memperpanjang waktu pendaftaran CPNS hingga 7 September 2014. Artinya ada waktu selama dua minggu bagi calon pelamar untuk ‘melihat-lihat’ formasi yang akan dipilihnya. 

Formasi Nasional CPNS 2014 terdiri dari formasi Kementerian dan Lembaga dan formasi di Instansi Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota. Formasi Nasional terdiri dari 71 Kementerian dan Lembaga. Sedangkan Formasi Daerah terdiri dari 439 Pemerintah Kabupaten/Kota, yaitu 28 Pemerintah Provinsi dan 411 Pemerintah Kabupaten/Kota. Di Provinsi Aceh tidak semua pemerintah daerah/kota membuka tes CPNS untuk tahun ini. Pemerintah daerah yang membuka seleksi CPNS 2014 di Aceh seperti yang terlampir di situs panselnas adalah Pemerintah Provinsi Aceh, Kota Banda Aceh, Kota Sabang, Kabupaten Aceh Barat, Kabupaten Aceh Barat Daya, Kabupaten Aceh Besar, Kabupaten Pidie, Kabupaten Aceh Selatan, Kabupaten Aceh Singkil, Kabupaten Aceh Tamiang, Kabupaten Aceh Tenggara, Kabupaten Aceh Timur, Kabupaten Bener Meriah, Kabupaten Bireuen, Kabupaten Gayo Lues, Kabupaten Nagan Raya, Kabupaten Pidie Jaya dan Kabupaten Simeulue. (Lihat di sini

Hingga siang ini Rabu, 27 Agustus 2014, hanya Kabupaten Pidie saja yang sudah bisa diakses informasi mengenai kebutuhan formasi CPNS 2014. Pidie membutuhkan 30 ASN baru untuk 14 jabatan dengan kualifikasi pendidikan S-1 yaitu jabatan Pengawas Jalan dan Jembatan, Auditor Pertama, Analis Ekonomi, Analis Produk Hukum, Analis Pengelolaan Kekayaan Daerah, Penyuluh Pertanian Pertama, Penyuluh Kehutanan Pertama, Pengawas Perikanan Pertama, Pengelola Teknologi Hasil Pertanian, Guru SLB, Guru Bimbingan Konseling, Guru Geografi, Guru Agama Islam dan Guru Bahasa Inggris. (Informasi lengkapnya lihat di sini)

 Sekadar mengingatkan, sebelum mendaftar, ada beberapa hal penting yang sebaiknya diketahui pelamar yaitu harus memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) Elektronik KTP atau e-ktp. Bagi yang belum punya sesegera mungkin untuk mengurus ke instansi terkait. Pemerintah akan memberikan layanan cepat bagi calon peserta seleksi CPNS 2014. Pelamar juga harus memiliki alamat surat elektronik atau e-mail untuk mendaftar. Ini menjadi syarat mutlak mengingat proses pendaftaran dan ujian dilakukan dengan sistem online berbasis komputer (CAT). Calon peserta hanya dapat mendaftar satu kali di portal terkait dan hanya mempunyai satu kali kesempatan mengikuti tes di salah satu instansi. Calon peserta dapat memilih tiga formasi jabatan, yang kualifikasi pendidikannya sama pada instansi yang telah diputuskan atau dipilih oleh calon peserta. Penerimaan CPNS 2014 tidak dipungut biaya mulai dari pendaftaran sampai hasil pengumuman kelulusan.

Sumber: atjehpost.co
 
Top