Advertistment

 

@Newsobservasi 
drWahyu Zulfansyah Mkes (Kadis Kesehatan Aceh Besar)
ACeh Besar, NEWS OBSERVASI: Untuk meningkatkan kekebalan tubuh agar tidak mudah tertular minginitis selama menjalankan ibadah haji di tanah suci Mekkah, sebanyak 252 Calon Jemaah Haji (CJH) asal Kabupaten Aceh Besar akan diberikan vaksin minginitis.
 
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Besar, dr.Wahyu Zulfansyah M.kes kepada NEWS OBSERVASI  (11/9/2014) di Kota Jantho. Menurut Wahyu, vaksin minginitis akan diberikan kepada calon Jamaah Haji di Puskesmas yang ada di Aceh Besar.
 
"Vaksin tersebut wajib bagi CJH untuk melindungi risiko tertular meningitis meningokokus, suatu infeksi yang terjadi pada selaput otak dan sumsum tulang belakang dan keracunan darah," ujar Wahyu.
 
Dijelaskannya, meningitis adalah penyakit serius dengan angka kematian tinggi. Bakteri ini sebenarnya tidak ada di Indonesia tapi untuk orang yang akan bepergian ke negara lain terutama ke daerah endemi, harus divaksin, maka dari itu seluruh CJH asal Aceh Besar wajib di vaksin menginitis sebelum berangkat ke tanah suci.
 
Selain memberikan vaksin  minginitis, sebanyak 252 CJH pada hari yang sama akan menjalani pemeriksaan kesehatan, seperti pemeriksaan jantung,itu sudah intruksi dari kementerian Agama.
 
"Tahapan pemeriksaan kesehatan bagi CJH  merupakan salah satu persyaratan penting mengingat standarisasi kesehatan jemaah harus dijaga dan diperhatikan sepenuhnya oleh pemerintah. Faktor kesehatan itu meliputi, jemaah tidak mengidap penyakit kronis yang dapat membahayakan kesehatan di tanah suci, selanjutnya faktor usia lanjut yang harus sehat mandiri serta tidak mengidap penyakit menular dan penyakit berbahaya lainnya seperti jantung,"paparnya. (Win)
 
Top