Advertistment

 

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan

NEWS OBSERVASI: Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menilai, Menteri Luar Negeri Gamawan Fauzi menemukan indikasi bahwa pemilihan Pilkada langsung sangat erat kaitannya dengan korupsi para kepala daerah. Hal itu tertuang dalam disertasi Gamawan yang berjudul 'Pengaruh Pemilihan Kepala Daerah Langsung Terhadap Korupsi Kepala Daerah di Indonesia'.

"Beliau mengusulkan sejumlah saran untuk memperbaikinya," kata pria yang akrab disapa Aher itu, Minggu (21/9/2014). 

Dalam pemahamannya, Aher mengatakan, Gamawan menemukan indikasi bahwa pemilihan Pilkada langsung sangat erat kaitannya dengan para kepala daerah yang korupsi, sehingga hal tersebut perlu dievaluasi. 

Yang menjadi fokus perbaikannya adalah perilaku partai politik dan bahkan hingga masyarakatnya yang masih belum sadar tentang bahaya money politics. Tak hanya itu, kata Aher, semuanya juga perlu diperbaiki, mulai dari proses calonnya, proses partai politiknya, proses penyelenggaraannya, termasuk lembaga peradilan Pilkada, seperti Mahkamah Konstitusi juga perlu diperbaiki. 

"Termasuk lembaga peradilannya juga perlu diperbaiki, iyah kan? Kotornya kan bukan hanya di proses penyelenggaraannya (penyelenggaraan pemilu), diperadilan juga kan ada kotornya, kasus MK (Mahkamah Konstitusi) umpamanya, kan gitu," ucap dia.

Aher berharap, proses pemilu ke depan berjalan dengan lebih baik lagi. Selain itu, diharapkan kepala daerah yang terpilih pun tidak ada lagi yang melakukan korupsi. 

"Kalau proses dan penyelenggaraannya (pemilu) bersih, kemungkinan korupsi juga kan kecil," pungkasnya.

Sumber: kompas.com
 
Top