Advertistment

 

(FOTO HUMAS PEMKAB ACEH BESAR)
Bupati Aceh Besar Mukhlis Basyah SSos, didampingi Ketua DPRK Aceh Besar Sulaiman SE dan pejabat terkait lainnya meninjau lokasi banjir di Gampong Lambaro Biluy, Kecamatan Darul Kamal, Senin (3/11/2014) siang. 
Aceh Besar, NEWS OBSERVASI: Bupati Aceh Besar Mukhlis Basyah SSos didampingi Ketua DPRK Sulaiman SE, Ketua PMI Aceh Besar terpilih Hamdani Basyah SH, dan sejumlah pejabat terkait meninjau lokasi banjir di sejumlah kecamatan di Aceh Besar, Senin (3/11/2014). Dalam kesempatan itu, kepada sejumlah wartawan, Bupati menyatakan telah menetapkan Aceh Besar sebagai Daerah Status Darurat Bencana Alam sehubungan dengan eksis akibat hujan deras yang mengguyur kabupaten itu sejak tiga hari terakhir.
       Beberapa kecamatan yang tergolong rawan bencana banjir dan longsor di Aceh Besar antara lain, Kecamatan Simpang Tiga, Darul Kamal, Darul Imarah, Peukan Bada, Lhoknga, Leupung, Lhoong, dan beberapa kecamatan lainnya. Bahkan, akses jalan dari Banda Aceh menuju Leupueng dan Lhoong maupun sebaliknya sejak dua hari terakhir putus total akibat longsor.
       Senin (3/11/2014) pagi, Bupati Mukhlis Basyah bersama pejabat SKPD terkait telah melakukan rapat koordinasi untuk mengantisipasi musibah tersebut di ruang rapat Setdakab Aceh Besar di Kota Jantho. Selanjutnya, Bupati bersama Ketua DPRK Sulaiman SE dan pejabat SKPD meninjau lokasi banjir di Gampong Batee Linteung Kecamatan Simpang Tiga, Gampong Lambaro Biluy Kecamatan Darul Kamal, dan kemudian melakukan rapat koordinasi dengan para camat dan pejabat terkait lainnya di Kantor Camat Darul Imarah. Hadir pula dalam kesempatan itu, Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol Zulkifli dan Muspika setempat.
       Kepada wartawan, Mukhlis Basyah menyatakan pihaknya bersama camat dan kepala SKPD akan terus intensif untuk memantau perkembangan musibah banjir dan melakukan langkah-langkah antisipasi, termasuk mendirikan posko darurat yang mendapat bantuan dari sejumlah lembaga terkait, seperti BPBD, PMI, dan lembaga sosial lainnya. “Kita minta para camat untuk terus mendata dan respons terhadap para korban banjir. Mudah-mudahan, hujan bisa reda sehingga musibah tidak meluas,” harapnya.
       Ketua PMI Aceh Besar terpilih, Hamdani Basyah SH menyatakan, sejak musibah banjir terjadi tiga hari lalu, pihaknya bersama para relawan segera mengantisipasi antara lain dengan mendirikan posko darurat dan membantu penanganan bagi para korban. Diharapkan, banjir akan segera berlalu, sehingga masyarakat dapat kembali beraktivitas. (Win)
 
Top