Advertistment

 


Aceh Besar, NEWSOBSERVASI: Sebanyak 12 kepala Gampong (Desa,red) di Kecamatan Krueng Barona Jaya, Kabupaten Aceh Besar, belum memiliki kantor. Namun, para kepala Desa lebih memanfaatkan Masjid, Meunasah untuk melakukan percepatan surat menyurat dan urusan administrasi. Hal ini disampaikan Camat Krueng Barona Jaya, Drs. Busra, Rabu (6/5).

Meski demikian, kata dia, Tahun 2015, enam Desa akan dibangun dengan anggaran sebesar Rp 810 juta. "Untuk Tahun ini enam Desa akan dibangun kantor kepala Desa uang sumbernya dari APBK melalui Pagu Indikatif Kecamatan (PIK)," jelasnya. Sambungnya, pelaksanaan pembangunan kepala Desa tersebut akan dilaksanakan oleh masyarakat Gampong. Selain itu, kata camat Busra, Tahun 2016 akan dilokasi dana sebesar 504 juta untuk pembangunan tiga kantor kepala Desa.

Dikatakannya, adapun enam Desa yang mendaptkan pembangunan fasilitas berupa kantor yaitu Gampong Meunasah Papuen, Mirukek, Meunasah Bak Trieng, Lampermai, Lueng Ie dan Cureh. Menurutnya, banyak kepala Desa yang belum memiliki Kantor, keterbatasan dana yang belum ada.

Pada kesempata itu, ia juga mengharapkan kepala Desa untuk melakukan mufakat dan musyawarah dalam setiap masalah atau perkara di Gampong.

"Kepala Desa menghadapi masyarakat dengan berbagai macam persoalan. Untuk itu, kepala Desa menghadapinya mufakat dan musyawarah bersama Tuha puet dan perangkat Desa lainnya," harapnya.(Darwin)
 
Top