Advertistment

 

Drs.Mahdi.
(Sekeretaris Dinas Kebersihan dan Keindahan Kota Banda Aceh)

Banda Aceh,NEWSOBSERVASI: Memasuki bulan suci Ramadhan, diperkirakan debit sampah  di Kota Banda Aceh mengalami peningkatan hingga 60 persen.

Untuk mengantisipasi terjadinya tumpukan sampah, Dinas Kebersihan dan Keindahan Kota (DK3) Banda Aceh akan menambah jam kerja.

Petugas yang biasanya dua shif sehari, nanti bila mendesak akan ditambah jam malam satu shif sehingga akan ada tiga shift perhari.

Sekretaris DK3 Banda Aceh, Drs. Mahdi, menegaskan, semua petugas yang  menambah shif melakukan Finger Print (absen elektronik), masuk dan  pulang kerja.

"Kalau tambah jam kerja, gaji mereka juga naik sesuai dengan penggajian yang sudah ditetapkan. Ini akan kita lihat apa perlu ditambah jam malam," ungkapnya.

Menurutnya, bulan ramadhan banyaknya warga yang berjualan sudah menjadi kebiasaan berbagai sampah mulai dari kelapa muda, tebu dan sampah lainya.

"Kita mengajak pedagang mengumpulkan segala sisa-sisa dari jualan  supaya petugas mudah mengambil dan mengangkut ke mobil," tuturnya.

Sementara itu, mobil pengangkut sampah di sekitaran pasar Peunayong biasanya diambil pada malam hari.

Selain itu, di bulan puasa diharapkan lampu jalan-jalan utama selalu hidup. Demi keindah Kota, rencananya membuat lampu hias.

Tak hanya itu, lanjutnya, bulan puasa sebagai bulan kebersihan, pihaknya dari Dinas Kebersihan juga siap membersihkan Toilet Meunsah dan Masjid bila diperlukan.

"Untuk pembersihan Meunasah dan Masjid kita perlu diperlukan lakukan  koordinasi dengan Camat. Sebab, pak Camat tahu bagaimana kondisi  dilapangan," kata dia.

Tim DK3 siap melakukan turun ke lokasi untuk berkunjung, namun juga harus sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi). (Darwin)
 
Top