Advertistment

 


NEWSOBSERVASI: PDAM Tirta Daroy Kota Banda Aceh terus membenahi jaringan pipa penyaluran air bersih lancar hingga ke setiap rumah-rumah warga.


Ditambah lagi, tak lama kemudian masyarakat memasuki bulan suci Ramadhan.

Direktur Utama PDAM Tirta Daroy Banda Aceh, Teuku Novizal Aiyub, SE, AK mengatakan, pihak saat ini sedang memperbaiki pipa dan jaringan air  yang belum stabil.



"Hampir 46 perseni air kita hilang ditengah jalan akibat pemasang pipa  secara legal," ungkapnya, kepada Media, Selasa (9/6).

Ia mengatakan, pemasangan pipa sendiri banyak dilakukan dikawasan  pinggiran, sehingga hampir seluruh Kota Banda Aceh mengalami pemasukan air kurang lancar. "Kita akan bangun pelan-pelan," kata dia.



Belum lagi, sambungnya, banyak ampel yang diotak atik dilapangan yang dilakukan orang yang tidak bertanggungjawab, akibatnya pemakai air  yang terbuang begitu saja.



Namun untuk operasional air sendiri tidak ada masalah, suplay air dari  Lambaro hidup 24 jam. Akan tetapi, di Kota Banda Aceh tersedia 3  cabang distribusi air.



Ia berharap, alangkah baiknya, supaya air lancar dan tidak macet atau  terjadinya bocor tentu adanya kerjasama antara masyarakat dan PDAM.



"Dalam membangun air ini tidak cukup dengan uang, tenaga tetapi harus ada kerjasama dengan masyarakat dan Dinas terkait," harapnya.



Fenomena dilapangan, kata dia, ada masyarakat yang komplain karena penggalian pipa, namun, kondisi jalan sedikit terganggu. Mengantasipasi supaya tidak ribut berkepanjangan dengan masyarakat, perlunya koorinasi dengan Dinas yang membidangi jalan.



"Kita kita menyalahkan siapa-siapa, semoga ini bisa kita perbaiki bersama dari kekurangan," jelasnya. (Darwin)
 
Top