Advertistment

 

Lhokseumawe,NEWSOBSERVASI:  Siswa dari TK, SD, SMP, hingga SMA mengikuti karnaval dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Indonesia di Lhokseumawe, Selasa, 18 Agustus 2015. Tidak hanya siswa, tradisi tahunan untuk memeriahkan HUT RI tersebut kali ini juga diikuti oleh puluhan kereta hias dari TNI dan polisi.

“Karnaval ini merupakan momentum bagi masyarakat agar kembali meningkatkan kecintaannya terhadap adat-istiadat yang telah lahir di Nusantara, khususnya adat istiadat kedaerahan,” ujar Wali Kota Suaidi Yahya usai melepas peserta pawai di Lapangan Hiraq Kota Lhokseumawe.

Mayoritas peserta pawai menggunakan baju adat dari seluruh Nusantara, baik Aceh hingga Papua. Selain baju adat, para siswa juga mengenakan pakaian menyerupai dokter, tentara, polisi, petani badut, hingga teroris, serta hantu yang terkenal di Indonesia seperti suster ngesot dan pocong. Peserta berjalan kaki mengikuti rute yang telah ditentukan. Sementara murid-murid TK menggunakan mobil. Pawai ini juga dimeriahkan dengan konvoi kendaraan hias seperti tank, helikopter dan lainnya.


Warga turut memadati rute lokasi karnaval, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Masyarakat juga tak segan-segan memberi tepuk tangan saat peserta pawai lewat, terutama dengan pakaian-pakaian unik. (Portalsatu)
 
Top