OBSERVASI | TECNO
Produsen notebook ASUS berhasil menguasai
35 persen market share (pangsa pasar) penjualan notebook di Indonesia.
Dengan capaian ini, produsen asal Taiwan itu mengukuhkan diri sebagai
pemimpin pasar laptop di Indonesia.
ASUS menguasai 35 persen pangsa pasar laptop di Indonesia diketahui
setelah lembaga riset Gartner mempublikasikan hasil kinerja kuartal
kedua tahun 2013. Dalam laporan itu disebutkan, pada kuartal pertama
2013 ASUS berhasil memasarkan 284.813 unit notebook di Indonesia atau
dengan pangsa pasar sebesar 30,8 persen.
Sementara lembaga riset lain, IDC, menyebutkan, pada kuartal yang
sama ASUS mencatat penjualan 261.520 unit notebook dan meraih pangsa
pasar 26,78 persen.
Laporan Gartner menyebutkan, penjualan notebook ASUS meningkat. Pada
kuartal kedua 2013 ASUS berhasil menjual 293.693 unit notebook. Angka
ini membuat ASUS menjadi produsen notebook terbesar di Indonesia setelah
menguasai 35 persen pangsa pasar notebook. Sehingga, hingga kuartal
kedua, ASUS berhasil memasarkan 578.506 unit laptop.
Manajer Produk dan Pemasaran ASUS Indonesia, Juliana Cen,
menyebutkan, peningkatan penjualan laptop ASUS tidak dipengaruhi oleh
penurunan penjualan notebook di seluruh Indonesia, dibandingkan pada
kuartal sebelumnya. Pada kuartal pertama, notebook pelbagai merek yang
berhasil dipasarkan berjumlah 923.304 unit, sedangkan pada kuartal kedua
2013 menurun, hanya 837.864 unit saja.
“Kami menyambut gembira atas pencapaian yang berhasil kami dapat di
pasar notebook Indonesia. Apalagi pencapaian positif ini hadir di
tengah-tengah kelesuan dan penurunan penjualan yang terjadi di
industri,” kata Juliana Cen dalam rilis yang dikirim ke redaksi
acehkita.com, Rabu (21/8/2013).
Capaian ini, kata Juliana, merupakan prestasi penting bagi ASUS di Indonesia.
Juliana Cen menyebutkan, ASUS juga meraih penjualan yang mengembirakan di sejumlah negara di Asia Tenggara dan Asia Pasifik
Sumber: Acehkita