Advertistment

 

  • Keluarga Putri Protes RSUCM

 

LHOKSEUMAWE - Keluarga Putri Andriani (20) memprotes pihak Rumah Sakit Umum Cut Meutia (RSUCM) atas beredarnya foto jenazah gadis asal Desa Meunye, Kecamatan Tanah Luas, Aceh Utara saat divisum di kamar mayat rumah sakit tersebut. 

Dalam foto yang beredar dan disebar melalui BlackBerry Messenger (BBM) dan jejaring sosial, facebook dalam beberapa hari terakhir itu, setengah badan korban terlihat tak berpakaian. Jenazah korban juga dikelilingi sejumlah orang berpakaian putih dan hitam. Dalam foto itu juga terlihat tangan seseorang dan bagian kepala orang yang berdiri di sekeliling jenazah korban. 

“Saya tahu foto adik saya beredar melalui BBM dan facebook dari  teman-teman di kampus tadi pagi (kemarin-red). Mereka bilang foto adik saya yang beredar itu dengan kondisi tak berpakaian setengah badan di ruang visum,” kata Feriadi, abang kandung Putri kepada Serambi, Rabu (14/8). 

Feriadi mengaku, keluarganya langsung menangis setelah melihat foto tersebut. “Kita minta pihak RSCM bertanggung jawab atas beredarnya foto tersebut. Karena, kami yakin foto itu diambil saat jenazah adik saya divisum di rumah sakit tersebut,” katanya.

Foto itu, lanjut Feriadi, takkan tersebar jika bukan orang yang berada dalam ruang visum yang menyebarkannya. “Kalau pun foto itu diambil masyarakat, rumah sakit juga harus bertanggung jawab. Soalnya, kenapa mengizinkan warga masuk ke ruang visum, karena kami saja dari pihak keluarga tak diizinkan masuk,” katanya. 

Karena itu, ia meminta pihak RSUCM memberikan sanksi tegas terhadap penyebar foto tersebut, supaya ke depan tak terulangi lagi. “Kami akan melaporkan penyebar foto tersebut kepada polisi, karena ini jelas pelanggaran informasi teknologi (IT) dan kode etik medis,” tegas Feriadi. 

Ditambahkan, pihak keluarganya juga mengimbau warga yang sudah  mendapatkan foto tersebut supaya tak lagi menyebarkannya kepada orang lain melalui media apapun. “Informasi yang terima ada tiga foto yang disebar, tapi dua lainnya adalah foto di lokasi jenazah adik saya ditemukan,” katanya. (Srb)
 
Top