Advertistment

 

Mumbai - Sedikitnya 3 jasad pelaut yang terjebak dalam kapal milik Angkatan Laut India yang meledak dan terbakar di dermaga Mumbai berhasil ditemukan. Sebanyak 15 pelaut lainnya masih hilang, namun diperkirakan tidak ada korban selamat dalam insiden ini.

Kapal selam bernama INS Sindhiraksjak ini tenggelam sebagian di dermaga militer di Mumbai, sejak Rabu (14/8) pagi waktu setempat. Ledakan yang belum diketahui penyebabnya memicu kebakaran hebat dan membuat 18 pelaut yang ada di dalamnya terjebak.

Seperti dilansir AFP, Jumat (16/8/2013), sejumlah tim penyelam diterjunkan untuk melakukan pencarian dan penyelamatan. Namun kondisi di dalam kapal selam yang sangat panas ditambah buruknya jarak pandang menghambat upaya tersebut.

Jasad pertama baru berhasil ditemukan pada Jumat (16/8) ini. Jasad ini telah dikirim ke otoritas berwenang untuk dilakukan tes DNA. Menurut pihak Angkatan laut India, kondisi jasad ini terbakar parah saat ditemukan sehingga susah diidentifikasi.

Dua jasad lainnya ditemukan kemudian. Melihat dari kondisi jasad-jasad yang sudah ditemukan serta kondisi kapal selam yang cukup hancur pada bagian dalam, aparat setempat pesimis untuk bisa menemukan korban selamat.

"Temuan ini mengarah pada kesimpulan bahwa menemukan korban selamat di dalam kapal selam tersebut sangat tidak mungkin," demikian pernyataan Angkatan Laut India.

Bahkan disebutkan bahwa beberapa jasad lainnya mungkin tidak akan pernah ditemukan karena suhu yang terlampau di dalam kapal selam ketika kebakaran terjadi. Kendati demikian, upaya pencarian tetap akan dilanjutkan.

"Angkatan Laut akan terus melanjutkan pencarian hingga ke setiap inch bagian kapal selam yang tenggelam sebagian ini, hingga seluruh korban berhasil ditemukan atau paling tidak dinyatakan tidak ada lagi jasad yang mungkin ditemukan," imbuh pernyataan mereka.

Aparat setempat masih melakukan penyelidikan mendalam untuk mencari tahu penyebab ledakan pada kapal selam ini. Media setempat, Times of India berspekulasi bahwa insiden ini merupakan aksi sabotase. Namun pihak Angkatan Laut segera membantah dan menyatakan tidak ada indikasi ke arah itu.

Kapal selama buatan Rusia yang berusia 16 tahun ini baru saja kembali dari Rusia setelah menjalani perawatan dan serangkaian modifikasi. Angkatan Laut India total memiliki 14 buah kapal selam jenis yang sama. (Detik)
 
Top