Advertistment

 

  OBSERVASI| BANDA ACEH:
PT.PLN Aceh, dinilai masih mengecewakan masyarakat ,banyak kita temui dilapangan.
“Rencana pemadaman arus listrik tampa pemilik rumah itu sendiri, sehingga petugas pemotongan arus listri,terpaksa memotong sementara penghuni rumah tidak ada di tempat dan ada juga keluhan masyarakat lampaseh mengeluh ketika pihak petugas mengancam pelangan,sikira 3 jam gak melunasi maka pihak petugas harus memotong arus aluran listrik apapun alasannya sangat mengecewakan terutama masyarakat di beberapa daerah yang terkena dampak pemadaman.senin pekan lalu.
Manajemen PT PLN Wilayah Aceh telah menyatakan defisit listrik yang terjadi di kawasan Sumatera bagian utara (Sumbagut) juga berdampak terhadap pasokan listrik ke provinsi ujung paling barat Indonesia itu.
Beberapa pekan lalu PT PLN telah memastikan Aceh tidak terjadi lagi pemadaman bergilir dan itu mendapat sambutan baik masyarakat terutama pelanggan.
Namun, katanya, tiba-tiba manajemen PLN mengumumkan tentang defisit energi listrik yang akan berdampak juga terhadap Aceh terutama pelanggan di pesisir timur hingga ke Banda Aceh.
“Pemerintah Aceh sedang gencar-gencarnya melakukan promosi investasi daerah itu, namun disisi lain terjadi defisit energi listrik. Artinya, upaya pemerintah menggalang investor akan terhalang dengan energi listrik yang tidak normal.Sementara itu sebelumnya, General Manager PT PLN Wilayah Aceh Sulaiman Daud, mengatakan Aceh akan terkena dampak dari defisit energi listrik wilayah Sumbagut.
“Listrik yang masuk ke Aceh baik itu dari interkoneksi dan isolated merupakan satu sistem yang terhubung dan akan terjadi pemadaman bergilir jika ada pembangkit yang harus masuk masa pemeliharaan,” ujar nya.
Pemadaman bergilir itu, menurut masyarakat akan berdampak besar bagi kerugian masyarakat termasuk kalangan swasta dan pemerintahan di provinsi berpenduduk sekitar 5 juta jiwa tersebut.
menjelaskan, total beban puncak listrik untuk keperluan berbagai sektor di kawasan Sumbagut secara umum sebesar 1.700 MW dan untuk Aceh mencapai 351 MW.
“Adanya pembangkit listrik yang masuk masa pemeliharaan atau keluar dari operasional di wilayah Sumbagut juga berdampak terhadap pasokan listrik dan Aceh akan mendapat pengurangan pasokan daya 10 sampai 15 persen dari total kebutuhan listrik.pemadaman yang terjadi tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu disebabkan adanya mesin pembangkit yang masuk sebelum jadwal ditetapkan sebelumnya. 

Sumber: Citraaceh
 
Top