Advertistment

 

OBSERVASI | BANDA ACEH :
Program mobil murah ramah lingkungan direspon oleh industri otomotif di tanah air dengan berlomba-lomba memproduksi mobil segmen tersebut.

Untuk bisa memproduksi mobil Daihatsu Ayla diperlukan beberapa persyaratan. Kata ,”Mahyan sebagai Sales Supervisor  kepada haba RAKYAT di Banda Aceh. Mobil Unggulan Berbasis Teknologi  dan ramah lingkungan ini, yang memenuhi persyaratan dan sudah bisa menjual mobil Daihatsu Ayla tersebut.

Menurut dia belum pastinya harga dan waktu produksi massal Ayla tak jadi halangan masyarakat untuk memesannya. Sebelum mereka resmi memesan, pihaknya telah menjelaskan bahwa harganya harus menunggu kepastian insentif pajak dari pemerintah. 
Pagi para calon konsumen yang akan memesan mobil mungil Daihatsu ini, hanya perlu membayar booking fee sebesar Rp1 juta. "Tapi di kwitansi kami tulis harga belum bisa  ditentukan," kata Mahyan.

"Salah satunya Mobil Daihatsu Ayla, mobil murah ramah lingkungan memang masih didominasi,di jual mulai dari Rp 95 juta sampai 108 juta.

Sekarang peminat pemesanan masyarakat di Indonesia  mobil Daihatsu Ayla laku 10 ribu unit.:Kata Mahyan

Mobil Ayla didesain sebagai mobil perkotaan (city car) yang berharga dan berbiaya murah, irit bahan bakar serta ramah lingkungan. Mobil Ayla harus menggunakan mesin dengan isi silinder maksimal 1.200 cc dan memiliki efisiensi bahan bakar minimal 20 kilometer per liter. Astra Daihatsu Ayla merupakan produk pengembangan bersama  PT Astra Daihatsu Motor (ADM), industri otomotif yang sebagian sahamnya dimiliki PT Astra International.
 
Astra Daihatsu Ayla yang mengusung mesin 3 silinder 1.000 cc 1KR-DE mampu menghasilkan tenaga hingga 65 HP pada 6.000 rpm, dengan torsi maksimum 8,7 kgm pada 3.600 rpm.

Tenaga ini lebih besar dibandingkan dengan Xenia 1.000 CC yang hanya hanya menghasilkan tenaga 63 HP. Sedangkan torsinya Ayla kalah besar, karena Xenia 1.000 cc bisa menghasilkan 9,2 kgm.  diklaim sudah dikembangkan sehingga lebih ramah lingkungan

Ayla yang bakal dibanderol sekitar Rp 95 -108 juta, hadir dalam empat varian, di mana tipe terendah tidak dilengkapi AC, Power Steering, Audio system, kaca tuas manual, dan transmisi manual.

Selain persamaan dalam hal mesin, Ayla juga memiliki kesamaan dalam rangkanya. Mobil itu menggunakan ranga "High Tensile Strength Steel" yang diklaim sebagai baja ringan yang memiliki kekuatan yang sangat kuat, tetapi 40 persen lebih ringan.

Rangka baja itu juga diklaim mampu menyalurkan benturan melampaui kabin sehingga  ketika terjadi tabrakan dari depan, rangkanya akan menyalurkan energi benturan dari depan ke belakang, melampaui kabin penumpang.

 Astra Daihatsu Ayla dipasarkan dengan kisaran harga Rp78 hingga Rp108 juta.”Ungkap Mahyan.
 
Reporterl Darwin
 
Top