Advertistment

 

Chile, NEWS OBSERVASI - Gempa berkekuatan 8,2 Skala Richter (SR) terjadi di lepas pantai Chile utara, Selasa malam 1 April 2014, pukul 06.46 malam. Gempa ini ditengarai menimbulkan tsunami.

US Geological Survey melaporkan gempa itu berpusat 60 mil sebelah barat laut Iquique pada kedalaman 12,5 km, seperti dikutip dari laman CNN edisi Rabu 2 April 2014. 

Melalui tweet di jejaring sosial, Selasa malam, Kantor Darurat Nasional Chile langsung meminta semua warga yang tinggal di pesisir pantai untuk evakuasi dan mencari tempat yang lebih tinggi. 

CNN Chile melaporkan, warga di Antofagasta, sebuah kota pelabuhan, memenuhi jalanan. Mereka tampak tenang dalam mencari tempat yang lebih aman.

Peringatan tsunami ini berlaku untuk Chile, Peru, dan Ekuador.  Menurut Pusat Peringatan Tsunami Pasifik, peringatan tsunami juga dikeluarkan untuk Kolombia, Panama, dan Kosta Rika.

Sementara peringatan tsunami untuk Hawaii masih dievaluasi. Pusat Peringatan Amerika Serikat masih menganalisis tingkat bahaya tsunami ini untuk Alaska, Washington, Oregon, dan California. 

Sebuah gempa dengan kekuatan 8,2  SR mampu menciptakan kerusakan yang luar biasa. Namun, sejauh ini belum ada laporan cedera dari gempa di Chile itu.

Chile adalah negara yang disebut "Ring of Fire". Negara ini rawan gempa bumi dan letusan gunung berapi karena terletak di busur gunung berapi dan garis patahan Dasar Pasifik. Pertengahan Maret lalu, negara ini pun dilanda gempa dengan kekuatan 6,7 SR. (Viva.co.id)
 
Top