Advertistment

 

Aceh Utara, NEWS OBSERVASI : Assalamu’alaikum Wr.Wb, Atas Nama Pribadi saya atas Nama “Ody Yunanda” dengan nama Akun facebookm “Ody Aneuk cempeudak” mohon maaf  yang sebesar – besarnya atas Virus yang terkirim  secara otomatis ke Teman – teman facebook semuanya,.

Beberapa hari yang lalu saya sedang asik-asiknya chat di Facebook, tanpa saya sadari muncul chat dari Kawan facebook yang isinya mengirim link yang aneh dan setiap saya balas chat tersebut, otomatis temen juga balas chat tapi isinya sama berulang-ulang, Ini lah link yang masuk:  http://www.facebook.com/l.php?u=http%3A%2F%2Fincitemarketing.ca%2F%3Fld7le81x5%3Debd771e110fbd5fa16bb1c1b&h=KAQE0vTN9  (untuk pengguna windows jangan diklik link ini, karena bisa bahaya).

Sebenarnya link yang terkirim ke saya itu adalah virus Chat Facebook, walaupun virus ini tidak berbahaya tapi cukup menjengkelkan, cara kerja virus ini adalah setiap orang yang komputernya terkena virus ini maka akun yang dia pakai akan secara otomatis melakukan chat ke teman-teman yang terlihat online dengan mengirim link tersebut, jika teman Anda melakukan klik terhadap link tersebut maka secara otomatis di komputernya akan terinfeksi virus tersebut dan sang korbanpun secara otomatis akan mengirim link tersebut ke orang lain secara berantai dan terus menerus, sepintas memang link yang di berikan adalah link sebuah gambar dengan format JPG, padahal jika kita klik link tersebut formatnya .EXE, mengapa saya bisa mengatakan kalau formatnya .EXE, karena saya sudah melakukan klik ke link tersebut dan secara otomatis ter-download dan waktu download-pun hanya butuh beberapa detik saja, setelah saya cek hasil download dari file tersebut bukan .JPG tapi .EXE.

Saya tidak akan membahas virus ini secara menyeluruh karena sudah banyak situs sudah membahasnya, saya hanya akan membagi pengalaman cara untuk menonaktifkan virus tersebut dari akun Facebook.
Pertama login ke Akun Facebook Anda setelah berhasil login ke Akun Facebook,
·         ganti password Facebook Anda & security questionnya
·         Tulis di URL Facebook Anda berikut ini: http://www.facebook.com/settings/?tab=privacy
·         Di bagian Apps and Websites > klik Edit Settings

Setelah selesai keluar/log out dari facebook Anda, kemudian login lagi seperti biasa, coba sekarang lakukan chat dengan teman Anda.

Yang perlu diingat disini saya hanya memberi trik agar virus tersebut tidak jalan pada browser yang Anda miliki terutama pada akun Facebok, mungkin saja virus tersebut memiliki efek lainnya misalnya mengirim email ke beberapa teman atau yang lainnya, saya kurang tahu karena saya tidak ada waktu untuk mempelajari virus tersebut.
 
Top