Advertistment

 

Wakil Gubernur Aceh, Muzakir Manaf bersama istri, Marlina Usman peusijuk (tepung tawar) oleh ulama kharismatik Aceh, Abu Kuta Krueng ( Tgk H Usman Ali) Selasa, (16/9) di Pendopo Wakil Gubernur Aceh.
NEWS OBSERVASI: Wakil Gubernur Aceh Muzakkir Manaf  akan berankat menunaikan ibadah haji bersama istri, Kamis, 25 September 2014. Pria yang sering disapa Mualem itu memohon doa restu dari masyarakat Aceh agar bisa melaksanakan ibadah haji dengan sempurna.
Sebelum berangkat menuju tanah suci, Mualem dan istri ditepungtawari (Peusijuek-red) oleh ulama dan tokoh masyarakat Aceh, Selasa, 16 September 2014 di Meuligoe Wakil Gubernur, Blang Padang, Banda Aceh.
Prosesi peusijuek diawali oleh Wali Nanggroe PYM Malik Mahmud Alhaytar, kemudian Ketua DPRA Hasbi Abdullah, dilanjutkan oleh Abu Kuta Krueng (Tgk H Usman Ali), Teungku Ali Basyah, dan di akhiri oleh Wakil Ketua Majelis Adat Aceh (MAA), Abdurrahman Kaoy.
Dalam kesempatan tersebut, Abdurrahman Kaoy menyampaikan beberapa pesan dan menjelaskan tentang prosesi peusijuek yang saat ini telah menjadi bagian dari adat dan budaya Aceh bukanlah melanjutkan budaya agama lain, namun merupakan bagian dari upaya melestarikan budaya indatu yang telah menyesuaikan peusijuk dengan cara-cara yang Islami.
“Mata kanan, mata kiri, tangan kanan, tangan kiri, bersatu padu membangun Aceh bersama Gubernur, Zaini Abdullah. Insya Allah, Aceh akan maju, makmur dan sejahtera,” ujar Abdurrahman Kaoy dengan penuh semangat, yang diaminkan oleh seluruh hadirin.
Sementara itu, dalam sambutan singkatnya, Wakil Gubernur Aceh menyampaikan permohonan maafnya kepada seluruh masyarakat Aceh seraya meminta masyarakat dapat mendoakan keselamatan mereka sekeluarga selama menjalankan seluruh prosesi haji.
“Terima kasih atas kehadiran para undangan hari ini. Sebagai manusia biasa tentu saja selama ini saya banyak melakukan kesalahan dan kesilapan, baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Saya dan isteri juga meminta kepada seluruh masyarakat Aceh dan para hadirin agar bersedia memberikan do’a dan restu untuk kami, agar ibadah yang kami lakukan dapat berjalan lancar dan saat kembali nanti mendapatkan predikat Haji Mabrur,” pinta Mualem.
Usai acara peusijuek Mualem itu turut dihadiri Panglima Kodam Iskandar Muda Mayjen TNI Agus Kriswanto, anggota DPD-RI Fachrul Razi, Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh Drs Dermawan dan beberapa Kepala Satuan Kerja Perangkat Aceh .

 
Top