Advertistment

 


Banda Aceh, NEWSOBSERVASI; Negara Indonesia, bahkan jihad bagi orang Aceh untuk menjaga nusantara  dari penjajahan  kolonial belanda pada  tempo dulu. Selain itu   Aceh juga punya semangat dan semboyan dalam menjaga keutuhan bangsa     yaitu ureung aceh meutaloe wareh, gaseh meugaseh bila meubila.

Hal itu dsampaikan Rafli dalam pidatonya  pada acara  Seminar Nasional sosialisasi 4 pilar kebangsaan yang laksanakan atas  kerjasama MPR RI dan solidaritas untuk Rakyat daerah terpencil   di restoran Aneuk Kupi Lamnyong Banda aceh pada selasa  (14/05). Selain dihadiri oleh Rafli  anggota DPD RI asal Aceh yang menjadi pemateri, juga turut   dihadiri oleh  anggota DPRA Muhammad Saleh serta  Ketua Paguyuban Aceh  Mufid sekaligus  juga sebagai  pematari pada acara tersebut.

 Rafli mengatakan indonesia jika diibaratkan dalam bermusik seperti  big orkestra, dimana di dalamnya terdapat berbagai permainan  alat musik yang berbeda  namun merupakan sebuah komposisi yang utuh dan  menghasilkan harmonisasi yang indah.  Tidak ada bangsa di dunia ini yang besar kecuali Indonesia, karena di Indonesia terdapat belasan ribu  pulau, ribuan suku dan ribuan bahasa. Untuk itu  berikan kemandiarian pada tiap-tiap daerah. Khusus  Aceh berikan hak penuh Pemerintah Aceh terutama dalam mengimplementasikan  UUPA.

 "Jika daerah sudah mandiri dan berkembang ini juga menjadi sebuah kewibawaan bagi pemerintah pusat", kata Rafli dengan Penuh semangat. 

Sementara Anggota DPRA Muhammad salaeh mengatakan  pilar itu merupakan tiang sebagai menyokong sebuah konstruksi, begitu juga pilar kebngsaan yang terdiri dari pancasila,UUD45, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI. ini merupakan 4 pilar yang harus ada pada pada tiap warga negara Indonesia.

 Menyinggung persoalan internal  Aceh, Rafli mengatakan pemerintah Aceh  harus paham akan rasa rindu dan kasih sayang untuk rakyat aceh yang masih banyak melarat dan menderita, terutama di pelosok-pelosok desa. selain itu  jadikan UUPA sebagai muara rindu  bagi seluruh pihak. Melalui mahasiswa, Pemerintah Aceh perlu   melakukan   sosialisasi  kepada masyaraat tentang makna UUPA, sehingga  UUPA ini benar-benar dirasakan  sebagai hikmah dan  milik bersama seluruh Rakyat  Aceh. (Darwin)

 
Top