Advertistment

 

Aceh utara, NEWS OBSERVASI - Salah satu Lembaga yang lahir di bawah Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri dalam Negeri dan Menteri Agama Republik Indonesia pada Tanggal 07 May 1977, kini sudah ada di Gampong Cempeudak kecamatan kutamakmur Kabupaten Aceh utara sejak 2 tahun yang lalu, Muhammad Hasim A.Md dan kawan – kawan saat itu membentuk sebuah barisan pemuda peduli pendidikan Gampong dengan melahirkan LPTQ sebagai wadah pembinaan dan pelatihan Tilawatil Qur’an bagi generasi penerus di Gampong cempeudak.

Kini, LPTQ Cempeudak sendiri sudah berusia 2 tahun, sejak berdiri pada tanggal 14 Februari tahun 2012 silam, banyak kegiatan yang telah di lahirkan oleh lembaga yang masih berpayung di bawah Swadaya masyarakat tersebut diantaranya Musabaqah Tilawatil Qur’an setiap masuknya Bulan Muharam, kegiatan triwulan dan pekan Kegiatan LPTQ.

Kini, LPTQ di wilayah timur kecamatan kutamakmur itu siap Memperingati Hari Ulang Tahun yang ke -2, hal tersebut di sampaikan oleh ketua bidang LPTQ Cempeudak, Zulfikar S.Pd kepada pers, Selasa (07/01/2014). Ia mengatakan bahwa LPTQ siap memperingati HUT LPTQ nya pada pertengahan Februari mendatang.

Zulfikar menambahkan, bahwa peringatan Milad tahun ini sedikit berbeda dengan peringatan Milad yang pertama tahun lalu, jika peringatan Milad tahun lalu di peringati secara besar – besaran dengan menghadirkan lima Qari terbaik se – Aceh dan juara terbaik 1 Syarhil Qur’an kota Lhokseumawe, peringatan Milad untuk Tahun ini belangsung secara sederhana.

M. haism A.Md
”Mengingat tahun ini kami kekurangan Dana, maka HUT LPTQ yang ke – 2 akan kami laksanakan secara Sederhana” ungkap Ustaz joel, sapaan Akrab Zulfikar.

Sedangkan Geuchik gampong cempeudak, Nurdin Ar yang di temui secara terpisah menyebutkan, bahwa pihaknya telah mengetahui tentang rencana pihak LPTQ tersebut, namun pihaknya belum bisa menanggapi mengingat masih banyak masalah Gampong yang  masih harus di selesaikan.

Geuchik Sendiri sangat bangga atas kinerja LPTQ selama ini. Karena, Lembaga yang tergolong kepada Lembaga semi resmi pemerintah ini sudah dua tahun berkiprah di desa yang sering dilanda konflik intern. Nurdin juga mengharapkan, para pengurus LPTQ supaya terus mengendepankan Visi misi LPTQ demi kesejahteraan Cempeudak.

Nurdin juga menilai bahwa saat ini, peran LPTQ relatif belum terlihat. "Jadi, kita terus berharap kepada seluruh para  pengurus LPTQ untuk bisa meningkatkan peran," katanya.

Dia mencontohkan, dengan kondisi saat ini, LPTQ bisa berupaya meningkatkan pemahaman masyarakat luas, khususnya umat Islam, terhadap nilai-nilai kandungan Alquran untuk melawan provokasi negara-negara lain yang telah membuat stigma (ciri negatif) terhadap Islam.

ia menambahkan bahwa sampai saat ini, masyarakat luas masih belum begitu mengenal keberadaan LPTQ ini. Oleh karena itu, dia menyarankan perlu adanya kegiatan sosialisasi keberadaan LPTQ ini.

"Saat ini, sebagian masyarakat mengenal LPTQ kalau ada MTQ saja. Jadi, kegiatannya, terkesan hanya setahun sekali. Tidak ada kegiatan lain. Ini kesan sebagaian masyarakat yang perlu diubah," katanya.
Nurdin Ar, Geuchik cempeudak

Sementara itu, Ketua LPTQ umum Cempeudak, M.Hasim A.Md menjelaskan perlunya perhatian Pemerintah dan pihak terkait lainnya terhadap keberadaan Lembaga ini. Pasalnya, saat ini, perhatian terhadap lembaga pendidikan seperti ini yang mempunyai peran dalam pembangunan bangsa ini, relatif kurang.

Atas dasar itu M.hasim menilai perlu adanya kebijakan-kebijakan pemerintah daerah yang proporsional memperhatian lembaga pendidikan  seperti ini. "Saat ini, sebenarnya, banyak pemimpin yang lahir dari pesantren dan madrasah. Ini menunjukkan bahwa pendidikan di pesantren dan madrasah mempunyai kualitas yang tidak kalah dengan lembaga pendidikan lainnya," kata M.Hasim.

LPTQ Cempeudak sendiri di ketuai oleh M. Hasim A.Md sebagai ketua Umum, Zulfikar S.Pd, Muzakkir Sh dan Safrianda sebagi ketua 1, 2 dan 3. Sedangkan Mirwatul uli sebagai Seketris umum, seketaris 1 Afriana, seketaris 2 Harwida  dan Mirwatul uli sebagai Seketris 3. Di posisi bendahara Umum, di jabat oleh Zulfiatni S,Pd, Roudhatul janah dan Elma Ulfiana sebagai Bidang Pembinaan.


Sedangkan Tujuan didirakannya LPTQ Cempeudak adalah untuk Meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT, Mengembangkan minat dan bakat baca Al-Qur’an Generasi Muda, Mempererat rasa kekeluargaan dikalangan LPTQ, Masyarakat, dan Organisasi – organisasi keagamaan, Memberikan kesempatan untuk berkompetisi secara sehat dengan menjunjung tinggi sportifitas, Memperdalam pengetahuan agama Islam. Sedangkan yang menjadi pembina bidang tilawah adalah Ustaz Munzir dari Muara satu, beliau adalah mahasiswa Al Muslim – Bireuen yang telah mengikuti MTQ Tingkat Nasional di Makasar beberapa bulan yang lalu dan Ustaz M. Yakob, pembina bidang syarhil Qur’an adalah Ody Yunanda, Juliana dan Elma Ulfiana, pembina bidang fahmil Qur’an adalah Roudhatul Jannah dan Rija Aula, pembina bidang Hafiz Qur’an adalah Harwida dan Zulfiatni, pembina bidang khatil Qur’an adalah M. Hasim. (Ody)
 
Top